SMKN 1 Pabelan Menjuarai Lomba Desain Poster Tingkat Se-Jawa Dan Bali

Kabupaten Semarang – Lagi dan lagi, SMKN 1 Pabelan menyabet prestasi yang membanggakan. Prestasi kali ini diraih salah satu siswa terbaik SMKN 1 Pabelan Rifky Adhy Pratama dari bidang kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Rifky Adhy Pratama telah memenangkan dalam ajang lomba Al-Irsyad Games, ia meraih juara 2 dalam cabang lomba desain poster dengan tema “Keberagaman Indonesiaku”. Lomba yang diadakan salah satu ponpes modern di Kabupaten Semarang tersebut, diikuti oleh beberapa siswa dari jenjang SMA/SMK/MA/ sederajat se-Jawa dan Bali. Event tersebut diikuti lebih dari 70 (tujuh puluh) peserta dengan mengusung tema “Unity In Diversity”. Diadakannya kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk memfasilitasi generasi muda untuk beraktualisasi dan berkarya dalam ajang kompetisi dalam nuansa kebhinekaan NKRI yang utuh. Kebetulan dalam kegiatan ini kami mengundang rekan-rekan SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta se-Jawa dan Bali, jelas salah satu panitia penyelenggara.

Kompetisi tersebut terdapat beberapa cabang lomba, di antaranya dari cabang olahraga, ada lomba futsal, voli, dan lomba basket. Kemudian dari cabang lomba akademik, di antaranya story telling, pidato tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris), karya desain poster, dan karya kaligrafi. Khusus bidang lomba akademik, diselenggarakan secara online yang dimulai sejak tanggal 5 sampai 11 Desember sebagai akhir pengumpulan karya. Peserta diminta untuk men-submit karyanya pada laman yang disediakan oleh panitia. Dari SMKN 1 Pabelan mendelegasikan dua siswa terbaiknya untuk ikut serta dalam lomba. Sementara itu, dari kontingan SMKN 1 Pabelan mengikuti cabang lomba desain poster, karena sesuai dengan linearitas bidang kompetensi yang ada di SMKN 1 Pabelan.
Seleksi dan penilain karya yang dilakukan oleh panitia sangat ketat dan selektif. Tampak banyak sekali karya – karya yang masuk dan sangat bagus, ujar salah satu peserta lomba karya poster. Juara lomba diambil dari juara 1, 2, dan 3. Dan alhamdulillah SMKN 1 Pabelan dapat menyabet gelar 2 dalam cabang lomba akademik karya desain poster. Walaupun SMKN 1 Pabelan masih diurutan kedua, akan tetapi sudah menjadi poin plus yang sangat luar biasa.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras dari latihan-latihan, dan kompetensi siswa yang mumpuni. Selain itu juga tidak terlepas dari tangan dingin pembimbing (Pak Gilang Hafidz, S.Pd.Kom) yang telah membimbing sejak awal sampai akhir, jelas sang juara Rifky Adhy Pratama saat ditemui disela-sela kegiatan sekolah.
Semoga dengan bertambahnya prestasi yang didapatkan oleh SMKN 1 Pabelan, menjadi motivasi dalam mengembangkan mutu dan kualitas akademik maupun non-akademik. Selain itu juga dapat meningkatkan bidang kompetensi yang ada di sekolah pada khususnya jurusan RPL di SMKN 1 Pabelan. Akhirnya lahir Rifky Rifky lainnya yang dapat mengharumkan SMKN 1 Pabelan. Semoga ke depannya tidak hanya berkompetisi di kancah dearah saja, namun juga melejit pada tingkat nasional maupun internasional. Walaupun SMKN 1 Pabelan berada di ujung desa, akan tetapi cita-citanya untuk selalu membangun bangsa. Jaya negeriku, maju terus SMKN 1 Pabelanku!!!!

Penulis : Yusuf Candra, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *